Pages

Monday 13 December 2010

makalah ISD "hubungan sosial masyarakat dengan Teknologi Informasi"




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kehadiran Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya lah saya dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan yang di harapkan. Dalam makalah ini, saya akan membahas mengenai hubungan sosial masyarakat dalam konteks ilmu Teknologi Informasi. Adapun teknologi informasi sekarang ini, menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk menyebarkan informasi secara cepat, luas, dan lebih lama penyimpanannya.
Adapun makalah ini di susun dalam rangka mengetahui hubungan sosial masyarakat yang ada dengan perkembangan teknologi informasi saat ini sekaligus melakukan apa yang menjadi tugas  mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah “Ilmu Sosial Dasar”.
         Dalam proses pembuatan makalah ini, tentunya saya mendapatkan arahan dan bimbingan, untuk itu saya sampaikan terima kasih kepada:
·         Ibu Rehulina, selaku dosen mata kuliah “Ilmu Sosial Dasar.
·         Teman-teman yang telah membantu memberi masukan dalam proses pembuatan makalah ini.

Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

                                                                                                Depok,  Desember 2010
                                                                                                      Penyusun
           


                    (Ardhani Reswari Y)

DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Batasan Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
Bab II Pembahasan
2.1 Hubungan Masyarakat dengan Teknologi Informasi
2.2 Keadaan Sosial Masyarakat Seiring dengan Berkembangnya Teknologi Informasi
2.3 Dampak yang Ditimbulkan dengan Adanya Perkembangan Teknologi Informasi
Bab III Penutup
3.1. Kesimpulan
3.2 Saran

Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi informasi semakin berkembang pesat seiring dengan penemuan-penemuan baru dan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang informasi dan komunikasi. Dimulai dari alat yang sederhana, hingga kini berkembang menjadi berbagai macam bentuk dan fungsi.
Sebagai makhluk sosial, masyarakat di tuntut untuk  saling berkomunikasi dan berhubungan dengan masyarakat lain sehingga dengan adanya teknologi informasi ini, memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat luas.

1.2  Batasan Masalah

Adapun dalam makalah ini, akan membahas secara garis besar mengenai hubungan sosial masyarakat dalam konteks ilmu Teknologi Informasi. Mulai dari hubungan masyarakat dan Teknologi Informasi, keadaan sosial masyarakat seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi, dan dampak yang di timbulkan dengan adanya perkembangan yang cukup signifikan dari Teknologi Informasi.

1.3  Tujuan Penulisan

 Memberikan masyarakat pandangan mengenai apa saja yang mempengaruhi hubungan sosial masyarakat dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi saat ini. Mengetahui bagaimana keadaan sosial masyarakat yang ada, setelah adanya perkembangan-perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang ada.







BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Hubungan Masyarakat Sosial dengan Teknologi Informasi

Masyarakat (society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem dimana sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Dari definisi di atas, dapat di simpulkan bahwa masyarakat merupakan sekelompok orang yang hidup bersama, berinteraksi dengan individu-individu lain, dan saling tergantung satu sama lain. Di sini kita dapat menyatakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial, sangat memerulukan bantuan dari orang lain dan di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan baik satu sama lain.
Keadaan masyarakat pada era globalisasi sekarang ini, cenderung tidak dapat di pisahkan dengan teknologi informasi yang ada. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, memudahkan masyarakat dalam menjalin hubungan secara global. Karena teknologi yang cukup canggih saat ini, sudah memungkinkan masyarakat untuk merambah dunia internasional dengan adanya fitur-fitur penunjang komunikasi.

2.2 Keadaan Sosial Masyarakat Seiring dengan Berkembangnya Teknologi Informasi

      Akibat perkembangan teknologi informasi yang ada, keadaan sosial masyarakat mengalami perubahan. Tetapi masih terdapat kesenjangan yang terjadi pada masyarakat di daerah terpencil. Masyarakat di kota-kota besar sangat mudah untuk mengakses berbagai informasi yang ada melalui internet. Sedangkan pada masyarakat pedesaan cenderung susah untuk mendapatkan informasi dari dunia maya. Tetapi bila di lihat secara keseluruhan, tentunya perkembangan teknologi informasi ini sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat kebanyakan.
      Contohnya pada aspek kehidupan masyarakat. Dengan adanya kemudahan yang di berikan untuk melakukan kegiatan sehari-hari, masyarakat dari berbagai tingkatan dapat merasakan kemudahan yang di berikan. Beberapa contoh aktivitas masyarakat yang di mudahkan dengan penggunaan teknologi informasi:
Ø  Bidang Perbankan:
·         Menggunakan sistem uang elektronik (ATM, kartu kredit, dan debit). Melakukan transaksi melalui ATM menjadi hal yang sangat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat
·         Pembayaran tagihan secara online. Memudahkan masyarakat untuk membayarkan tagihan-tagihan. Dan lagi ini merupakan penghematan terhadap waktu, karena tidak perlu repot-repot untuk datang langsung ke tempatnya.
Ø  Bidang Perdagangan:
·         Adanya e-commerce, yaitu pembelian ataupun penjualan barang secara online.

2.3 Dampak yang Ditimbulkan dengan Adanya Perkembangan Teknologi Informasi

Mendengar kata “dampak”, tentunya masyarakat akan cenderung memandang sebagai hal yang negatif. Tetapi dalam hal perkembangan teknologi informasi, saya merasakan dampak yang di hasilkan cenderung kearah yang lebih positif. Walaupun sangat banyak dampak negatif yang ada, namun tak bisa di pungkiri bahwa dampak perkembangan teknologi informasi yang dapat kita rasakan sangatlah berguna.
Ø Adapun dampak positif dari perkembangan teknologi informasi:
·         Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi secara global. Banyak fitur-fitur yang di sediakan oleh teknologi informasi, untuk mendukung fasilitas komunikasi tersebut. Dan harga yang di tawarkan sekarang relative terjangkau.
·         Memudahkan masyarakat dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dengan perangkat software yang semakin berkembang dan mudah di gunakan oleh masyarakat banyak.
·         Menguntungkan perusahaan. Banyak bidang yang menggunakan jasa teknologi informasi. Sebagai contoh dalam bidang perdagangan, dengan bantuan e-commerce maka masyarakat lebih mudah untuk membeli/menjual suatu barang secara online. Kita tidak membutuhkan banyak biaya untuk datang ke suatu tempat.
·         Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang di butuhkan. Dengan adanya search engine yang beredar, kini masyarakat lebih mudah mengakses informasi yang ada dalam dunia maya. Informasi dan berita yang ada, cenderung lebih cepat tampil pada web browser di bandingkan dengan media lain.
Masih banyak dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi
Ø Dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi:
·         Maraknya cyber crime atau kejahatan dalam dunia maya. Sebagai contoh para hacker yang bisa menjebol sistem komputer seseorang, juga para cracker yang dapat merusak web seseorang. Masih banyak kejahatan dalam dunia maya yang di manfaatkan oknum tertentu demi kepentingan pribadi.
·         Karena mudahnya informasi yang dapat di ambil, anak-anak di bawah umur dapat dengan mudah mengakses situs-situs dengan konten dewasa.
·         Menimbulkan sifat yang cenderung malas. Seringkali pengguna internet tenggelelam dalam dunia nya sendiri dan tidak mempedulikan sekitarnya, banyak dari mereka yang lebih sering berinteraksi dengan teman dunia mayanya di bandingkan dengan teman dalam dunia nyata. Hal ini mempengaruhi sifat seseorang yang cenderung sulit bila harus di hadapkan dengan masalah dan masyarakat dalam kehidupan nyata.
Masih banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi informasi






BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kehidupan sosial masyarakat sekarang memang sulit untuk di pisahkan dengan perkembangan Teknologi Informasi. Seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan adanya teknologi tersebut kehidupan sosial masyarakat menjadi semakin lancar, dengan adanya layanan-layanan yang membantu sarana komunikasi secara global. Tetapi di samping
3.2 Saran
Pengembangan teknologi informasi haruslah di ikuti dengan perkembangan sumber daya manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi, masyarakat juga harus berkembang dan menguasai ilmu mengenai teknologi informasi. Sehingga kejahatan-kejatahan teknologi yang ada dapat berkurang dengan adanya pengetahuan tentang teknologi tersebut dan dapat di atasi oleh orang yang tepat. Dan lagi masalah pemerataan sarana komunikasi, aparat hukum dan petinggi-petinggi negara harus memperhatikan kembali masalah pemerataan tersebut khususnya di daerah-daerah terpencil dan daerah pasca bencana.


DAFTAR PUSTAKA

2.      Catatan mata kuliah Pengantar Teknologi Komputer dan Komunikasi 1C


No comments:

Post a Comment