Assalamualaikum Wr. Wb
Untuk posting kedua, saya akan menjelaskan tentang salah satu jenis layanan yang terdapat di Universitas Gunadarma yaitu BAAK.
Pada dasarnya, Universitas Gunadarma mendorong para mahasiswa untuk dapat mengembangkan dan menggunakan Teknologi Informasi yang semakin berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, untuk mempermudah mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan, mengetahui kegiatan administrasi akademik, dan kegiatan perkuliahan, Gunadarma menyediakan beberapa jenis layanan yang dapat di manfaatkan. salah satu yang memegang peranan penting yaitu BAAK
BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)
(HOMEPAGE BAAK)
BAAK merupakan wadah yang berfungsi sebagai pelaksana dan penanggung jawab administrasi akademik dan mengenai kemahasiswaan. Mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan sistem program dan sumber daya biro, mengkoordinasikan, mengintegrasikan dan mengendalikan kualitas pelaksanaan sistem dan program pelayanan, serta mempertanggung jawabkan kinerja administrasi akademik. Maka baak.gunadarma.ac.id adalah layanan Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan yang menaungi para mahasiswa Universitas Gunadarma.
Pada home BAAK, terdapat beberapa pengumuman penting yang berkaitan tentang masalah perkuliahan seperti Info Layanan dan juga News.
INFO LAYANAN
Pada Info Layanan, di bagi menjadi 2 sub menu yaitu:
1. Perkuliahan dan ujian
Beberapa informasi yang berkaitan dengan Perkuliahan dan Ujian yaitu:
- Kalender Akademik
Berisi tentang susunan acara perkuliahan selama 1 semester.
PTA 2010/2011 |
Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi (PPSPPT) | 24 Juni - 26 Agustus 2010 | |
Libur Hari Raya Idul Fitri | 6 September - 18 September 2010 | |
Perkuliahan sebelum Ujian Tengah Semester (UTS) | 20 September - 27 November 2010 | |
Pendistribusian FRS ke mahasiswa | 20 September - 20 Oktober 2010 | |
Kegiatan Pengisian dan Pengambilan KRS | ||
Kelas 2 s/d Kelas 4 | 22 September - 9 Oktober 2010 | |
Kelas 1 dan Non Kelas (termasuk Batal/Ubah/Tambah) | 11 Oktober - 30 Oktober 2010 | |
Batas akhir pengambilan KRS | 8 November 2010 | |
Batas akhir pengurusan cuti akademik | 15 November 2010 | |
Libur Tenang I | 29 November - 30 November 2010 | |
Ujian Tengah Semester (UTS) | 1 Desember - 18 Desember 2010 | |
Perkuliahan setelah UTS | 20 Desember 2010 - 8 Januari 2011 | |
Libur Hari Natal | 25 Desember 2010 | |
Libur Tenang II | 10 Januari - 11 Januari 2011 | |
Ujian Akhir Semester (UAS) | 12 Januari - 25 Januari 2011 | |
Ujian Utama | 26 Januari - 1 Februari 2011 |
(TABEL KALENDER AKADEMIK PADA SITUS BAAK, PTA. 2010/2011)
- Daftar Mata Kuliah
- Daftar Dosen Pembimbing PI
Merupakan daftar nama-nama dosen pembimbing PI
- Daftar Dosen Walikelas
Merupakan daftar nama-nama dosen walikelas
- Jadwal Kuliah
Merupakan pemberitahuan jadwal perkuliahan. Biasanya 2 atau 3 minggu sebelum perkuliahan dimulai, BAAK memberikan jadwalnya. Dapat di ketahui secara online, ataupun di tempel pada di loket pelayanan.
- Jadwal Ujian
Merupakan penjelasan mengenai jadwal ujian juga perihal-perihal yang harus terpenuhi sebelum ujian berlangsung seperti presentasi masuk harus mencapai minimal 70% dan juga memberitahukan tata tertib yang harus di taati saat ujian berlangsung.
- Pengurusan Ujian Bentrok
Mengurusi masalah ujian yang bentrok, khususnya bagi mahasiswa yang harus mengulang atau mengambil mata kuliah lebih.
- Formulir Rencana Studi
Merupakan pengisian Kartu Rencana Studi. Pada pengisian KRS, harus berdasarkan dengan mata kuliah yang sudah tercantum pada FRS. KRS Berfungsi untuk mengetahui bahwa mahasiswa tersebut aktif pada semester yang di ikuti dan juga sebagai Kartu Peserta Ujian.
2. Administrasi Akademik
Beberapa informasi yang berkaitan dengan Administrasi Akademik yaitu:
- Daftar Ulang
Merupakan kegiatan untuk membayar administrasi pada setiap semesternya, dapat juga untuk mengganti data yang salah.
- Cuti Akademik
Merupakan suatu pengajuan diri untuk tidak mengikuti kegiatan perkuliahan dalam waktu tertentu. Mengurus masalah cuti dapat langsung mengambil formulir di BAAK.
- Tidak Aktif Kuliah
Apabila mahasiswa tidak melakukan administrasi perkuliahan dan tidak mengambil cuti, maka mahasiswa tersebut masuk kepada yang tidak aktif.
- Aktif Kembali
Pengaktifan kembali mahasiswa yang telah mengambil cuti atau siswa yang tidak aktif pada semester sebelumnya.
- Pengecekan Nilai
Apabila ada keraguan tentang perolehan nilai IP dan ada pencetakan nilai yang salah, maka harus complain kepada BAAK.
- Pindah Lokasi/ Waktu Kuliah
Pindah lokasi yaitu berpindah dari kampus yang berdomisili di Depok ke yang berada di Salemba atau sebaliknya, sedangkan pindah waktu kuliah yaitu berpindah dari kelas pagi ke kelas malam atau sebaliknya.
- Pindah Jurusan
Masalah pindah jurusan dengan mengambil formulir di BAAK. Apabila ingin pindah, hanya boleh dilakukan pada kelas 1. Dan hanya dapat berpindah jurusan pada satu fakultas saja. Contoh: apabila ingin pindah dari Teknik Industri, maka hanya boleh berpindah ke jurusan Teknik Informatika, Teknik Mesin, dan Teknik elektro. Karena berada pada satu fakultas yang sama yaitu Teknologi Industri
PROFIL BAAK
BAAK Universitas Gunadarma adalah biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di Universitas Gunadarma dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Bagian yang terdapat di BAAK antara lain:
1. BAAK Fakultas (Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik Sipil & Perencanaan, Teknologi Industri, Psikologi, dan Sastra);
2. Bagian Ujian Semester dan Bank Soal
3. Bagian Koordinasi Perkuliahan
- Sub Bagian Jadwal Kuliah;
- Sub Bagian Koordinasi Mata Kuliah dan Penasihat Akademik;
- Sub Bagian penghubung dan Pendamping Dosen.
4. Bagian Monitoring Kuliah
- Sub Bagian Kehadiran Dosen;
- Sub Bagian Monitoring Kehadiran Mahasiswa.
STRUKTUR BAAK
- Sub Fakultas
- Sub Koordinasi Perkuliahan
- Sub Monitoring Perkuliahan
- Sub Ujian
LOKASI BAAK
Lokasi BAAK terdapat di Universitas Gunadarma Kampus D Jalan Margonda Raya 100, Depok. Di gedung 4 lantai 1, samping masjid. Biasanya loket yang di buka adalah loket nomor 3.
Layanan-layanan yang dapat di akses dalam situs BAAK adalah sebagai berikut:
Merupakan layanan yang berfungsi seperti layaknya web browser. Tetapi hanya yang berhubungan dengan Universitas Gunadarma. Terdapat kategori - kategori di dalamnya, seperti misalnya studentsite. Maka di dalamnya akan terdapat pertanyaan - pertanyaan yang menyangkut tentang masalah studentsite.
SAP atau Satuan Acara Perkuliahan merupakan rincian materi kuliah setiap pertemuannya dan juga tujuan belajar serta buku-buku acuan untuk mepermudah perkuliahan. Tujuan belajar disini dimaksudkan sebagai pengetahuan minimal yang harus dikuasai mahasiswa setelah mendapatkan materi perkuliahan. Dalam SAP terdapat daftar materi yang bisa kita download sebagai acuan materi perkuliahan.
3. Buku Pedoman
Sebagai acuan untuk mahasiswa dan dosen. contoh buku pedoman yang terdapat di situs BAAK adalah:
- BUKU PEDOMAN PENYUSUNAN SILABUS
- BUKU PEDOMAN PENYUSUNAN SAP
- BUKU PEDOMAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
- BUKU PEDOMAN PA & WALIKELAS
- BUKU PEDOMAN KEMAJUAN BELAJAR
- BUKU PEDOMAN TATA KRAMA DOSEN
- BUKU PEDOMAN TATA KRAMA MAHASISWA
4. Situs Jurusan
Merupakan layanan untuk masuk ke dalam web jurusan sesuai dengan fakultasnya masing-masing.
- Ilmu Komputer
- Ekonomi
- Teknik Sipil & Perencanaan
- Teknologi Industri
- Psikologi
- Sastra
- Diploma
Akan masuk kedalam web jurusannya yaitu Kebidanan, Teknik Komputer, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, dan Akuntansi.
KELEBIHAN BAAK:
Mempermudah mahasiswa dan dosen untuk mengetahui info-info yang berkaitan dengan administrasi akademik dan hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Kita tidak perlu repot-repot untuk mendatangi lokasi BAAK, cukup dengan membuka alamat web BAAK
KEKURANGAN BAAK:
Sering maintence dan server down di karenakan banyaknya pengaksesan.
No comments:
Post a Comment